Alergi Makanan Pada Anak

Alergi makanan adalah respons abnormal tubuh terhadap makanan tertentu. Penting untuk diketahui bahwa ini berbeda dari intoleransi makanan, yang tidak mempengaruhi sistem kekebalan, walaupun beberapa gejala yang sama mungkin ada.

Sebelum mengalami reaksi alergi makanan, anak yang sensitif pasti pernah terpapar makanan setidaknya sekali sebelumnya, atau bisa juga menjadi peka melalui ASI. Ini adalah kedua kalinya anak Anda makan makanan yang menyebabkan gejala alergi. Saat itu, ketika antibodi IgE bereaksi dengan makanan, histamin dilepaskan, yang dapat menyebabkan anak Anda mengalami gatal-gatal, asma, gatal-gatal di mulut, kesulitan bernapas, sakit perut, muntah, dan / atau diare.

Perbedaan antara Alergi Makanan dan Intoleransi Makanan

Alergi makanan menyebabkan respons sistem kekebalan, menyebabkan gejala pada anak Anda yang berkisar dari tidak nyaman hingga mengancam jiwa. Intoleransi makanan tidak mempengaruhi sistem kekebalan, meskipun beberapa gejala mungkin sama dengan alergi makanan.

Penyebab

Sekitar 90 persen dari semua alergi makanan disebabkan oleh delapan makanan berikut:

• susu
  • Telur
  • Gandum
  • Kedelai
  • Kacang pohon
  • Kacang kacangan
  • Ikan
  • Kerang
  • Telur, susu, dan kacang tanah adalah penyebab paling umum dari alergi makanan pada anak-anak, termasuk gandum, kedelai, dan kacang pohon. Kacang tanah, kacang pohon, ikan, dan kerang biasanya menyebabkan reaksi yang paling parah. Hampir 5 persen anak di bawah usia lima tahun mengalami alergi makanan. Dari tahun 1997 hingga 2007, prevalensi alergi makanan yang dilaporkan meningkat 18 persen di antara anak-anak di bawah usia 18 tahun. Meskipun sebagian besar anak “mengatasi” alerginya, alergi terhadap kacang tanah, kacang pohon, ikan, dan kerang bisa terjadi seumur hidup.

GEJALA

Gejala alergi mungkin mulai dalam beberapa menit hingga satu jam setelah menelan makanan. Berikut ini adalah gejala alergi makanan yang paling umum. Namun, setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda. Gejala mungkin termasuk:

• Muntah
  • Diare
  • Kram
  • Hives
  • Pembengkakan atau edema
  • Eksim
  • Gatal atau bengkak pada bibir, lidah, atau mulut
  • Gatal atau sesak di tenggorokan
  • Sulit bernafas
  • Sesak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurut National Institute of Allergy and Infectious Disease, tidak banyak makanan yang menyebabkan reaksi parah pada orang yang sangat alergi. Faktanya, sedikitnya 1 / 44.000 biji kacang tanah dapat menyebabkan reaksi alergi bagi individu yang alergi parah.
  • Gejala alergi makanan mungkin menyerupai masalah atau kondisi medis lain. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk diagnosis.
BACA  Manfaat dan Dampak Buruk Sinar UV Matahari, dan Pencegahannya

Pengobatan alergi makanan

• Tidak ada obat untuk mencegah alergi makanan. Tujuan pengobatan adalah untuk menghindari makanan yang menyebabkan gejala. Setelah menemui dokter anak Anda dan menemukan makanan yang membuat anak Anda alergi, sangat penting untuk menghindari makanan tersebut dan makanan serupa lainnya dalam kelompok makanan tersebut. Jika Anda menyusui anak Anda, penting untuk menghindari makanan yang membuat anak Anda alergi. Sejumlah kecil alergen makanan dapat ditularkan ke anak Anda melalui ASI dan menyebabkan reaksi.
  • Penting juga untuk memberikan vitamin dan mineral kepada anak Anda jika ia tidak dapat makan makanan tertentu. Diskusikan hal ini dengan dokter anak Anda.
  • Untuk anak-anak yang mengalami reaksi makanan yang parah, penyedia layanan kesehatan anak Anda mungkin meresepkan kit darurat yang mengandung epinefrin, yang membantu menghentikan gejala reaksi parah. Konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk informasi lebih lanjut.
  • Beberapa anak, di bawah arahan penyedia layanan kesehatannya, dapat diberikan makanan tertentu lagi setelah tiga sampai enam bulan untuk melihat apakah dia telah mengatasi alerginya. Banyak alergi mungkin bersifat jangka pendek pada anak-anak dan makanan dapat ditoleransi setelah usia 3 atau 4

Diet dan Risiko

• Beberapa penelitian telah menunjukkan perbaikan yang baik pada DA dengan eliminasi diet. Sebuah tinjauan sistematis Cochrane berdasarkan uji coba terkontrol secara acak (RCT) telah menunjukkan bahwa menghilangkan telur atau susu sapi tidak menunjukkan manfaat apapun dan tidak mendukung konsep eliminasi diet.
  • Menghindari makanan dengan alergi makanan yang terbukti dan dikonfirmasi oleh diet eliminasi tantangan oral mungkin berguna. Pada RCT, 55 anak DA dengan alergi telur yang dibuktikan dengan oral challenge menunjukkan peningkatan yang baik dengan tidak memasukkan telur dalam makanan. Dalam sebuah studi percontohan terbuka di India tentang penghapusan diet pada 100 anak, mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan pada DA.
  • Meskipun eliminasi makanan bermanfaat pada satu subset DA, hal itu memiliki risikonya sendiri. Efek diet eliminasi termasuk kekurangan nutrisi, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, menyebabkan isolasi sosial, dapat menyebabkan anafilaksis setelah reintroduksi makanan yang dibatasi, dan kesehatan yang berkualitas rendah.
  • Alergi makanan berkurang seiring bertambahnya usia kecuali dengan kacang-kacangan. Pasien mengembangkan toleransi imunologis terhadap makanan yang dibatasi ketika diperkenalkan kembali ke diet setelah pembatasan selama 6-12 bulan. [30] Para orang tua disarankan untuk memberikan makanan pendamping yang kaya nutrisi jika diet eliminasi diikuti.
BACA  Penyebab dan Jenis Sakit Kepala Pada Anak

Originally posted on December 9, 2020 @ 8:33 am