Sindrom Peradangan Multisistem Pada Anak-anak (MIS-C) dan Covid19

Sindrom peradangan multisistem pada anak-anak (MIS-C) adalah suatu kondisi di mana bagian tubuh yang berbeda dapat terjadi peradangan atau inflamasi termasuk jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, atau organ pencernaan. Anak-anak dengan MIS-C mungkin mengalami demam dan berbagai gejala, termasuk sakit perut (usus), muntah, diare, sakit leher, ruam, mata merah, atau merasa sangat lelah. Masih belum banyak terungkap penyebab MIS-C. Namun, banyak anak dengan MIS-C memiliki virus yang menyebabkan COVID-19, atau pernah berada di sekitar seseorang dengan COVID-19.

Laporan media dan peringatan kesehatan dari Departemen Kesehatan Negara Bagian New York menarik perhatian pada sindrom inflamasi multisistem yang baru dikenali pada anak-anak (MIS-C) yang terkait dengan COVID-19 pada musim semi 2020. Pada Juni 2020, lebih dari 26 negara bagian sedang menyelidiki kasus potensial MIS-C pada anak-anak dari berbagai usia.

Beberapa negara yang terkena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19) baru-baru ini melaporkan kasus anak-anak yang dirawat di rumah sakit dalam perawatan intensif karena sindrom multisistem inflamasi pediatrik langka (PIMS). Tanda dan gejala yang muncul adalah campuran dari penyakit Kawasaki (KD) dan syok toksik sindroma (TSS) dan ditandai antara lain dengan demam, nyeri perut, dan keterlibatan jantung.

Kemungkinan hubungan temporal dengan infeksi SARS-COV-2 telah dihipotesiskan karena beberapa penyebab anak-anak yang dites untuk infeksi SARS-CoV-2 ternyata positif dengan polymerase chain reaction (PCR) atau serologi.

Secara total, sekitar 230 kasus yang dicurigai dari sindrom multisistem inflamasi pediatrik baru ini untuk sementara waktu terkait dengan infeksi SARS-CoV-2 (PIMS-TS) telah dilaporkan di negara-negara UE / EEA dan Inggris pada tahun 2020, termasuk dua korban jiwa, satu di Inggris dan satu di Prancis. Kasus-kasus ini sedang diselidiki lebih lanjut.

Sejauh ini, studi epidemiologi telah menunjukkan bahwa anak-anak tampaknya kurang terpengaruh oleh COVID-19. Hanya 2,1% dari semua kasus COVID-19 yang dikonfirmasi oleh laboratorium yang dilaporkan ke Sistem Pengawasan Eropa (TESSy) sudah dalam usia
kelompok antara usia 0 dan 14 tahun.

Sampai saat ini, ada hubungan antara infeksi SARS-CoV-2 dan entitas klinis baru dari peradangan multisistem belum dibentuk, meskipun keterkaitan kedua hal tersebut sangatlah mungkin terjadi

BACA  Long Covid Pada Anak dan Remaja

Saat ini, risiko dinilai sebagai berikut:

• Risiko keseluruhan COVID-19 pada anak-anak di UE / EEA dan Inggris saat ini dianggap rendah, berdasarkan kemungkinan rendah COVID-19 pada anak-anak dan dampak sedang dari penyakit tersebut.
  • Risiko keseluruhan PIMS-TS pada anak-anak di UE / EEA dan Inggris – dianggap rendah, berdasarkan probabilitas PIMS-TS yang rendah pada anak-anak dan dampak tinggi dari penyakit tersebut.
  • Sementara manajemen klinis anak-anak ini memiliki prioritas mutlak, pengumpulan data dari Anggota EU / EEA
  • Negara dan Inggris akan memperkuat tubuh pengetahuan untuk kondisi langka ini dan memungkinkan untuk yang lebih baik analisis kasus ini. Analisis data surveilans dapat memperjelas kejadian KD / PIMS dan mengidentifikasi
    kelompok usia yang paling terpengaruh dan faktor risiko untuk kedua kondisi tersebut.
  • ECDC telah setuju dengan Negara Anggota UE / EAA dan Inggris untuk memasukkan PIMS sebagai kemungkinan komplikasi
    dilaporkan untuk pengawasan COVID-19 tingkat UE. Upaya penelitian harus bertujuan untuk a) menentukan peran SARSCoV-2 dalam patogenesis PIMS-TS dan b) menjawab pertanyaan penting lainnya yang tersisa.
  • Komunikasi risiko diperlukan untuk meningkatkan kesadaran di komunitas medis tentang PIMS-TS dan menginformasikannya
    orang tua dan pengasuh tentang tanda dan gejala. Pentingnya kontak tepat waktu dengan petugas kesehatan harus ditekankan. Komunikasi risiko harus menekankan bahwa PIMS-TS adalah kondisi langka dan bahwa itu adalah kondisi yang langka kaitan potensial dengan COVID-19 tidak mapan atau dipahami dengan baik.

Presentasi klinis

Pasien dengan MIS-C biasanya datang dengan demam persisten, sakit perut, muntah, diare, ruam kulit, lesi mukokutan dan, dalam kasus yang parah, dengan hipotensi dan syok. Mereka memiliki penanda laboratorium peradangan yang meningkat (misalnya, CRP, ferritin), dan pada sebagian besar pasien penanda laboratorium kerusakan jantung (misalnya, troponin; peptida natriuretik tipe-B (BNP) atau proBNP). Beberapa pasien mengalami miokarditis, disfungsi jantung, dan cedera ginjal akut. Tidak semua anak memiliki tanda dan gejala yang sama, dan beberapa anak mungkin memiliki gejala yang tidak tercantum di sini. MIS-C dapat dimulai beberapa minggu setelah seorang anak terinfeksi SARS-CoV-2. Anak tersebut mungkin telah terinfeksi dari kontak tanpa gejala dan, dalam beberapa kasus, anak dan pengasuhnya mungkin tidak tahu bahwa mereka telah terinfeksi.

BACA  Tampilan Anak Temperamental Tinggi

Pemeriksaan

Pemeriksaan Laboratorium

• Peemeriksaan laboratorium bertujuan untuk mengidentifikasi bukti laboratorium dari peradangan seperti yang tercantum di bagian Definisi Kasus diperlukan.
  • Demikian pula, deteksi SARS-CoV-2 dengan RT-PCR atau uji antigen diindikasikan.
  • Jika memungkinkan, pengujian serologi SARS-CoV-2 disarankan, meskipun terdapat hasil positif dari RT-PCR atau pengujian antigen. Setiap pengujian serologi harus dilakukan sebelum pemberian imunoglobulin intravena (IVIG) atau perawatan antibodi eksogen lainnya.

Pemeriksaan Lainnya

Mengingat seringnya asosiasi MIS-C dengan keterlibatan jantung, banyak pusat yang melakukan pengujian jantung termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

• ekokardiogram;
  • elektrokardiogram;
  • enzim jantung atau pengujian troponin (sesuai standar pengujian pusat); dan
    Peptida natriuretik tipe-B (BNP) atau NT-proBNP.

Pemeriksaan lain untuk mengevaluasi keterlibatan multisistem harus diarahkan oleh tanda atau gejala pasien. Selain itu, pengujian untuk mengevaluasi diagnosis potensial lainnya harus diarahkan oleh tanda atau gejala pasien.

Pengobatan

Saat ini, belum ada penelitian yang membandingkan kemanjuran klinis dari berbagai pilihan pengobatan. Perawatan terutama terdiri dari perawatan suportif dan perawatan langsung terhadap proses inflamasi yang mendasarinya. Langkah-langkah pendukung termasuk:

• resusitasi cairan;
  • Pemberian inotropik
  • Pemberian oksigenasi dalam kasus yang jarang terjadi, oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO).
  • Tindakan anti-inflamasi termasuk seringnya penggunaan IVIG dan steroid.
  • Penggunaan obat anti-inflamasi lain dan penggunaan perawatan anti-koagulasi bervariasi. Aspirin umumnya telah digunakan karena kekhawatiran akan keterlibatan arteri koroner, dan antibiotik secara rutin digunakan untuk menangani potensi sepsis sambil menunggu kultur bakteri. Profilaksis trombotik sering digunakan karena keadaan hiperkoagulasi biasanya terkait dengan MIS-C.
  • American College of Rheumatology telah mengembangkan panduan klinis ikon eksternal untuk pasien anak yang didiagnosis dengan MIS-C terkait dengan SARS-CoV-2.

Referensi

• Belhadjer Z, Meot M, Bajolle F, et al. Acute heart failure in multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) in the context of global SARS-CoV-2 pandemicexternal icon. Circulation 2020.
  • Riphagen S, Gomez X, Gonzalez-Martinez C, Wilkinson N, Theocharis P. Hyperinflammatory shock in children during COVID-19 pandemicexternal icon. Lancet 2020.
  • Verdoni L, Mazza A, Gervasoni A, et al. An outbreak of severe Kawasaki-like disease at the Italian epicentre of the SARS-CoV-2 epidemic: an observational cohort studyexternal icon. Lancet 2020.
BACA  Cairan Tubuh Penderita Covid 19 Yang Dapat Menyebarkan Infeksi Pada Anak