14 Tanda Gejala ADHD Pada Anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan saraf kompleks yang dapat memengaruhi kesuksesan anak di sekolah, serta hubungannya. Gejala ADHD bervariasi dan terkadang sulit dikenali.

Setiap anak mungkin mengalami banyak gejala individu ADHD. Jadi, untuk menegakkan diagnosis, dokter anak Anda perlu mengevaluasi anak Anda menggunakan beberapa kriteria.

ADHD umumnya didiagnosis pada anak-anak pada saat mereka remaja, dengan usia rata-rata untuk diagnosis ADHD sedang adalah 7 tahun.

Anak-anak yang lebih tua yang menunjukkan gejala mungkin menderita ADHD, tetapi mereka sering menunjukkan gejala yang agak rumit di awal kehidupan.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi perkembangan kurangnya perhatian dan gangguan, dengan atau tanpa hiperaktif yang menyertai. Ada 3 bentuk dasar ADHD yang dijelaskan dalam Manual Diagnostik dan Statistik, Edisi Kelima (DSM-5) dari American Psychiatric Association: lalai; hiperaktif-impulsif; dan digabungkan.

14 Tanda Gejala ADHD Pada Anak

1. Perilaku berfokus pada diri sendiri Tanda umum ADHD adalah ketidakmampuan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan orang lain. Ini dapat mengarah pada dua tanda berikutnya : mengganggu dan kesulitan menunggu giliran mereka
  2. Menginterupsi Perilaku berfokus pada diri sendiri dapat menyebabkan anak dengan ADHD menginterupsi orang lain saat mereka berbicara atau terlibat dalam percakapan atau permainan yang bukan bagian mereka.
  3. Kesulitan menunggu giliran Anak-anak dengan ADHD mungkin kesulitan menunggu giliran selama kegiatan kelas atau saat bermain game dengan anak lain.
  4. Gejolak emosional Seorang anak dengan ADHD mungkin kesulitan mengendalikan emosinya. Mereka mungkin memiliki luapan amarah pada waktu yang tidak tepat. Anak-anak yang lebih kecil mungkin mudah marah.
  5. Gelisah Anak-anak dengan ADHD seringkali tidak bisa duduk diam. Mereka mungkin mencoba untuk bangun dan berlari, gelisah, atau menggeliat di kursi mereka ketika dipaksa untuk duduk.
  6. Masalah bermain dengan tenang Kegelisahan dapat menyulitkan anak-anak dengan ADHD untuk bermain dengan tenang atau melakukan aktivitas santai dengan tenang.
  7. Tugas yang belum selesai Seorang anak dengan ADHD mungkin menunjukkan minat pada banyak hal berbeda, tetapi mereka mungkin kesulitan menyelesaikannya. Misalnya, mereka mungkin memulai proyek, pekerjaan rumah, atau pekerjaan rumah, tetapi beralih ke hal berikutnya yang menarik minat mereka sebelum menyelesaikannya.
  8. Kurang fokus Seorang anak dengan ADHD mungkin kesulitan memperhatikan – bahkan ketika seseorang berbicara langsung kepada mereka. Mereka akan mengatakan bahwa mereka mendengar Anda, tetapi mereka tidak akan dapat mengulangi apa yang baru saja Anda katakan.
  9. Menghindari tugas yang membutuhkan upaya mental yang diperpanjang Kurangnya fokus yang sama ini dapat menyebabkan anak menghindari aktivitas yang membutuhkan upaya mental berkelanjutan, seperti memberi perhatian di kelas atau mengerjakan pekerjaan rumah.
  10. Kesalahan Anak-anak dengan ADHD mungkin mengalami kesulitan mengikuti instruksi yang memerlukan perencanaan atau pelaksanaan sebuah rencana. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kesalahan yang ceroboh – tetapi tidak menunjukkan kemalasan atau kurangnya kecerdasan.
  11. Melamun Anak-anak dengan ADHD tidak selalu ribut dan berisik. Tanda lain dari ADHD adalah menjadi lebih tenang dan kurang terlibat dibandingkan anak-anak lain. Seorang anak dengan ADHD mungkin menatap ke luar angkasa, melamun, dan mengabaikan apa yang terjadi di sekitarnya.
  12. Kesulitan mengatur Seorang anak dengan ADHD mungkin kesulitan melacak tugas dan aktivitasnya. Hal ini dapat menimbulkan masalah di sekolah, karena mereka merasa sulit untuk memprioritaskan pekerjaan rumah, proyek sekolah, dan tugas lainnya.
  13. Pelupa Anak dengan ADHD bisa jadi pelupa dalam aktivitas sehari-hari. Mereka mungkin lupa mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah mereka. Mereka mungkin juga sering kehilangan barang, seperti mainan.
  14. Gejala dalam beberapa pengaturan Seorang anak dengan ADHD akan menunjukkan gejala kondisi tersebut di lebih dari satu pengaturan. Misalnya, mereka mungkin menunjukkan kurangnya fokus baik di sekolah maupun di rumah.
BACA  Karakteristik Gejala Klinis Awal dan Hasil laboratorium Pasien Pnemonia Covid19