Gejala dan Penanganan Penyakit Coroonavirus 2019 (C)VID-19) Pada Anak

Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, lebih sedikit kasus COVID-19 yang dilaporkan pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Sementara anak-anak merupakan 22% dari populasi AS, 8,7% dari semua kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) terjadi pada anak-anak (per 7 Oktober 2020). Kebanyakan kasus pada anak-anak ringan, dan pengobatannya terdiri dari perawatan suportif.

Mulai 22 Oktober 2020, remdesivir, agen antivirus, adalah satu-satunya obat yang disetujui untuk pengobatan COVID-19. Ini diindikasikan untuk pengobatan penyakit COVID-19 pada orang dewasa yang dirawat di rumah sakit dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas dengan berat badan minimal 40 kg.  Izin penggunaan darurat (EUA) tetap diberlakukan untuk merawat pasien anak dengan berat 3,5 kg hingga kurang dari 40 kg atau anak-anak di bawah 12 tahun yang beratnya minimal 3,5 kg. Beberapa vaksin sedang dalam uji coba fase 3 tahap akhir.

American Academy of Pediatrics melaporkan anak-anak mewakili lebih dari 11% dari semua kasus di 49 negara bagian yang dilaporkan berdasarkan usia. Lebih dari 927.000 anak dinyatakan positif di Amerika Serikat sejak awal pandemi pada 5 November 2020.

Dua vaksin SARS-CoV-2 berbasis mRNA yang dikirimkan untuk persetujuan FDA tidak diuji pada anak-anak. Karena itu, rekomendasi untuk digunakan pada anak-anak tidak akan diberikan. Kedua pabrikan telah mengumumkan rencana untuk memperluas uji coba mereka untuk memasukkan anak-anak berusia 12-18 tahun.
Tanda dan gejala COVID-19 pada anak-anak

Gejala umum COVID-19 pada anak-anak adalah batuk dan demam. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa gejala-gejala ini mungkin tidak selalu ada; oleh karena itu, diperlukan indeks kecurigaan yang tinggi untuk infeksi SARS-CoV-2 pada anak-anak. [6, 7, 8] Gejala lainnya meliputi:

• Sesak napas
  • Eritema faring / sakit tenggorokan
  • Diare
  • Mialgia
  • Kelelahan
  • Rhinorrhea
  • Muntah
  • Hidung tersumbat
  • Sakit perut
  • Konjungtivitis
  • Ruam
  • Kehilangan indera perasa (ageusia) dan / atau penciuman (anosmia)
BACA  Manfaat dan kandungan Gizi Ensure Abbott Laboratories

Diagnosa

Studi laboratorium

Meskipun pola yang konsisten dari temuan laboratorium karakteristik belum teridentifikasi pada anak-anak dengan COVID-19 yang dikonfirmasi, kelainan berikut telah diamati:

• Limfopenia
  • Peningkatan kadar enzim hati dan otot serta dehidrogenase laktat
  • Peningkatan kadar isoenzim mioglobin dan kreatin kinase
  • Peningkatan level C-reactive protein (CRP)
  • Peningkatan laju sedimentasi eritrosit
  • Peningkatan kadar prokalsitonin
  • D-dimer meningkat

Studi pencitraan

Temuan radiografi dada yang umum pada anak-anak dengan pneumonia COVID-19 termasuk kekeruhan dan konsolidasi ground-glass perifer dan subpleural yang terdistribusi secara bilateral.

Temuan yang diamati pada computed tomography (CT) dada pada anak dengan COVID-19 adalah sebagai berikut:

• Kekeruhan / nodul kaca tanah
  • Konsolidasi dengan tanda halo di sekitarnya
  • Bayangan tambal sulam bilateral atau lokal
  • Kelainan interstisial

PENANGANAN

• Perawatan terutama terdiri dari perawatan suportif, termasuk terapi oksigen pada anak-anak dengan hipoksia.
  • Remdesivir, agen antivirus, adalah satu-satunya obat yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk pengobatan COVID-19. Remdesivir memperoleh izin penggunaan darurat (EUA) dari FDA pada 1 Mei 2020, berdasarkan data awal yang menunjukkan waktu lebih cepat untuk pemulihan pasien rawat inap dengan penyakit parah. FDA memperluas EUA untuk menyertakan penggunaan pada semua pasien rawat inap dengan penyakit COVID-19 yang dikonfirmasi atau dicurigai, terlepas dari status oksigennya.  Plasma yang sembuh diberikan EUA pada 23 Agustus; namun, keamanan dan efektivitas pada pasien berusia 18 tahun atau lebih muda belum dievaluasi. Keputusan untuk merawat pasien <18 tahun dengan plasma pemulihan COVID-19 harus didasarkan pada penilaian risiko dan manfaat individual. Untuk informasi lebih lanjut mengenai administrasi, lihat Lembar Fakta Kesembuhan COVID-19 EUA untuk Penyedia Layanan Kesehatan. Banyak agen antivirus, imunoterapi, dan vaksin lainnya terus diteliti dan dikembangkan sebagai terapi potensial.
  • Silakan lihat Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) untuk panduan klinis yang terus diperbarui mengenai COVID-19, Pengobatan Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19): Obat Investigasi dan Terapi Lain untuk informasi obat yang diperbarui, dan Vaksin COVID-19 untuk informasi terkini tentang vaksin. Petugas kesehatan juga dirujuk ke Pusat Sumber Daya Novel Coronavirus Medscape untuk mendapatkan berita, perspektif, dan sumber daya terbaru.
BACA  Patogenesis dan Imunopatofisiologi Terkini Infeksi Virus Corona Covid19

BACA  Perbandingan Nutrisi 7 Jenis Sumber Susu