Patofisiologi Penyakit Coronavirus 2019 Pada Anak

Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, lebih sedikit kasus COVID-19 yang dilaporkan pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Sementara anak-anak merupakan 22% dari populasi AS, 8,7% dari semua kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) terjadi pada anak-anak (per 7 Oktober 2020). Kebanyakan kasus pada anak-anak ringan, dan pengobatannya terdiri dari perawatan suportif.

Patofisiologi

• Infeksi virus korona 2 (SARS CoV-2) sindrom pernapasan akut berat ditandai dengan badai sitokin awal yang dapat menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut dan sindrom aktivasi makrofag. Fase awal ini kemudian diikuti oleh periode disregulasi kekebalan, yang merupakan penyebab utama kematian terkait sepsis.
  • Sementara kita belajar lebih banyak tentang infeksi SARS-CoV-2 hampir setiap hari, perbedaan antara penyakit orang dewasa dan anak-anak kemungkinan besar merupakan hasil dari perubahan dalam fungsi kekebalan dan reseptor angiotensin-converting enzyme (ACE) 2, yang digunakan oleh virus untuk memasuki tipe. II pneumosit di paru-paru. Penurunan ACE2 yang terlihat pada model hewan yang mengalami penuaan mengakibatkan perubahan masuknya neutrofil dan cedera paru yang diakibatkannya. Dengan demikian, imunosenescence dan perubahan respon inflamasi dengan usia kemungkinan menjelaskan spektrum yang berbeda dan tingkat keparahan penyakit pada anak-anak versus orang dewasa dan, lebih jauh lagi, pada neonatus versus anak yang lebih tua. Limfopenia mendalam yang terlihat pada pasien dengan COVID-19 kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi limfosit T dan kematian yang terjadi karena SARS CoV-2 menginfeksi sel-sel ini.
  • Saat infeksi berlanjut, dengan percepatan replikasi virus dan cedera epitel-endotel, respons inflamasi ditekankan. Infiltrat inflamasi mononuklear interstisial dan edema diikuti oleh pembentukan membran hialin yang mengarah ke sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Perubahan ini mungkin terlihat sebagai kekeruhan kaca tanah pada CT scan. Cedera lebih lanjut pada jaringan endotel menyebabkan pembentukan mikrotrombi dan dapat menyebabkan komplikasi trombotik seperti emboli paru, trombosis vena, dan komplikasi arteri trombotik seperti yang terlihat pada pasien yang sakit parah. Komplikasi ini telah terlihat lebih banyak pada orang dewasa daripada pada pasien anak, meskipun mereka juga telah dilaporkan pada pasien anak. Sepsis sekunder pada individu-individu ini lebih jauh berkontribusi pada keparahan penyakit
BACA  Rekomendasi ASI Saat Pandemi Covid19