Audi Yudhasmara, Widodo Judarwanto

Pada akhir 2019, virus corona baru dimulai sebagai patogen yang muncul bagi manusia dan mengakibatkan pandemi. SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2), virus penyebab penyakit coronavirus 2019 (COVID-19), adalah virus RNA untai positif, mirip dengan virus corona lainnya. Di mana-mana di lingkungan, virus ini dapat menginfeksi beberapa jenis hewan, termasuk mamalia dan burung lainnya. Akar pandemi saat ini telah ditelusuri kembali ke pasar hewan hidup liar di pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, sebuah kota di provinsi Hubei, Cina. Dari sana, virus menyebar ke seluruh dunia, dengan kasus dilaporkan dari setiap benua kecuali Antartika.

Virus ini awalnya diisolasi dari lavage bronchoalveolar dari tiga pasien yang dirawat di rumah sakit di Wuhan. Ketiga pasien melaporkan paparan langsung ke pasar Makanan Laut Huanan. Virus tersebut menunjukkan 85% identitas yang sama dengan kelelawar mirip SARS-CoV (SARS-CoV), meningkatkan kemungkinan penularan dari hewan ke manusia. [1] Sejak itu, kasus tanpa paparan langsung ke pasar makanan laut telah diidentifikasi. Ini memvalidasi penularan dari manusia ke manusia yang sedang berlangsung, kemungkinan terjadi melalui tetesan pernapasan.

Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular mengevaluasi aerosol dan stabilitas permukaan SARS-CoV-2 dibandingkan dengan SARS-CoV. Aerosol virus dihasilkan menggunakan nebulizer tabrakan tiga jet dan dimasukkan ke dalam drum Goldberg untuk menciptakan lingkungan aerosol. Mereka melaporkan mendeteksi aerosol virus yang layak hingga 3 jam. Virus bertahan untuk waktu yang lama, hingga 72 jam, pada permukaan plastik dan baja tahan karat. Hal ini membuat transmisi virus yang dimediasi aerosol dan fomite masuk akal. Berdasarkan data dari Wuhan, China Center for Disease Control (China-CDC) melaporkan masa inkubasi selama 3-7 hari. Masa inkubasi rata-rata dilaporkan 5,2 hari, dan persentil 95% dari distribusi hingga 12,5 hari.

Meskipun dinamis, angka reproduksi dasar (R0 /R nol) adalah entitas epidemiologi yang membantu memprediksi jumlah kasus yang diharapkan dari paparan satu kasus, dengan asumsi semua individu dalam populasi tertentu rentan. R0 campak adalah 12-18, sejauh ini yang tertinggi yang diketahui manusia. R0 influenza musiman adalah sekitar 0,9-2,1. Berdasarkan data yang tersedia sejauh ini, R0 COVID-19 adalah 1,4-3,9. Virus corona baru telah mengumpulkan perhatian media yang tak tertandingi, sistem kesehatan yang kewalahan, dan menyebabkan penerapan jarak sosial dengan biaya gangguan ekonomi besar. Ulasan ini akan merangkum dampak paru dan manajemen COVID-19.

BACA  Sindrom Peradangan Multisistem Pada Anak-anak (MIS-C) dan Covid19

Virologi

• Coronavirus adalah keluarga virus RNA, dinamai karena penampilannya yang seperti mahkota. Penyakit manusia disebabkan oleh virus yang termasuk dalam subfamili Orthocoronavirinae. Subfamili ini selanjutnya diklasifikasikan menjadi empat genera, alpha-coronavirus (alphaCoV), beta-coronavirus (betaCoV), gamma-coronavirus (gammaCoV), dan delta-coronavirus (deltaCoV). Hingga saat ini, tujuh jenis virus corona telah diidentifikasi menginfeksi manusia. 229E, NL63 (genus alpha), OC43, dan HKU1 (genus beta) adalah virus corona yang paling umum.
  • Di masa lalu, penyebaran zoonosis dari beta-coronavirus lainnya menyebabkan MERS-CoV (virus corona yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah) dan SARS-CoV (virus korona yang menyebabkan sindrom pernapasan akut yang parah). Novel coronavirus SARS-CoV-2 ditemukan berbeda secara genetik tetapi dengan beberapa kesamaan dengan beta-coronavirus yang diidentifikasi sebelumnya. Secara filogenetik, virus penyebab COVID-19 diklasifikasikan dalam subgenus Sarbecovirus.
  • Sejak wabah SARS pada 2002-2003, banyak virus corona telah ditemukan, terutama pada kelelawar dan sedikit pada manusia. SARS-CoV-2 memiliki urutan genom hingga 96% identik dengan beta-coronavirus RaTG13, diisolasi dari kelelawar spesies Rhinolophus affinis. SARS-CoV-2 mengkodekan empat protein struktural utama: protein spike (S), protein nukleokapsid (N), protein membran (M), dan protein envelope (E). Domain pengikatan reseptor (RBD) dari protein S SARS-CoV-2 mirip dengan virus corona yang diisolasi dari trenggiling Malaya (Manis javanica). Analisis ini memperkuat teori bahwa asal zoonosis dari SARS-CoV-2 kemungkinan adalah kelelawar dan trenggiling. Infeksi dan penyebaran pada manusia kemungkinan besar dijelaskan oleh seleksi alam pada manusia setelah transfer zoonosis.

Patogenesis cedera paru

• RBD protein S dari SARS-CoV-2 secara khusus mengenali reseptor angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) inang. Ini dioptimalkan untuk mengikat reseptor manusia ACE2.
  • Sama halnya dengan SARS-CoV-2, SARS-CoV juga berikatan dengan reseptor ACE2 untuk masuk ke dalam sel manusia. Setelah mengikat, protease serin host TMPRSS2 memotong protein S dan menghasilkan fusi membran virus dan seluler. Protein S dari SARS-CoV-2 dan SARS-CoV memiliki struktur tiga dimensi yang hampir identik, dan, mengingat hal ini, para peneliti berhipotesis bahwa SARS-CoV-2 kemungkinan menggunakan mekanisme yang serupa.
  • Reseptor ACE2 diekspresikan dalam sel epitel alveolus tipe 2 di paru-paru, jantung, ginjal, dan saluran pencernaan. Namun, paru-paru tampaknya sangat rentan terhadap SARS-CoV-2 karena luas permukaannya yang besar dan karena sel epitel alveolus tipe 2 tampaknya bertindak sebagai reservoir untuk replikasi virus. Cedera langsung pada jaringan paru-paru dari respons inflamasi lokal yang dimediasi oleh infeksi virus adalah salah satu mekanisme yang diusulkan di balik manifestasi paru COVID-19.

Badai sitokin dan respon inflamasi sistemik

• Sindrom badai sitokin (CSS) adalah respons imun yang ditekankan terhadap pemicu seperti infeksi virus. Sindrom aktivasi makrofag (MAS) dan limfohistiositosis hemofagositik sekunder (sHLH) adalah dua CSS yang serupa secara klinis. MAS adalah CSS yang biasanya terlihat dalam konteks penyakit rematik. HLH dapat terlihat pada pasien dengan infeksi berat. Ini hasil dari kelebihan rangsangan proinflamasi dan antiinflamasi yang tidak memadai. Beberapa rangsangan proinflamasi termasuk antigen asing, sitokin seperti interleukin (IL)-1β, IL-2, IL-6, IL-7, IL-12, IL-18, tumor necrosis factor (TNF)-α, interferon ( IFN)-γ, dan faktor perangsang koloni granulosit (GCSF). Beberapa rangsangan anti-inflamasi termasuk sel T regulator, sitokin seperti IL-10, transforming growth factor (TGF)-β, dan IL-1ra.
  • Peningkatan produksi IFNγ oleh sel punca hematopoietik sebagai respons terhadap infeksi virus diduga memicu CSS. CSS ditandai dengan demam tak henti-hentinya dan keterlibatan multiorgan, termasuk sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) dan cedera jantung dan ginjal akut. Abnormalitas laboratorium meliputi sitopenia, peningkatan feritin, D-dimer, dan peningkatan kadar sitokin proinflamasi serum.
  • Bukti yang dikumpulkan hingga saat ini menunjukkan bahwa CSS secara langsung berhubungan dengan tingkat keparahan proses penyakit. Analisis laboratorium pasien COVID-19 yang dikonfirmasi menunjukkan leukopenia dan peningkatan kadar sitokin proinflamasi serum seperti IL-2, IL-6, IL-7, TNFα, IFNγ, dan GCSF, serupa dengan yang diamati pada sHLH, menunjukkan kemungkinan mekanisme untuk cedera jaringan.
  • Sebuah studi multisenter retrospektif dari Wuhan, Cina terhadap pasien COVID-19 menunjukkan peningkatan mortalitas yang signifikan secara statistik pada pasien dengan peningkatan feritin (>1200 ng/mL) dan peningkatan kadar IL-6.
  • Data dari China menunjukkan sekitar 80% pasien COVID-19 mengalami infeksi ringan. Di antara 20% pasien yang tersisa, sebagian kecil dari pasien mengembangkan penyakit parah dengan kegagalan multiorgan yang memerlukan tingkat perawatan ICU.
  • Manifestasi penyakit yang parah tampaknya terkait dengan respons inflamasi yang berlebihan seperti yang terlihat pada sHLH/CSS. Predileksi untuk mengembangkan CSS tidak jelas dan diduga terkait dengan faktor pejamu seperti imunodefisiensi yang mendasari atau faktor genetik.
BACA  Perawatan Bayi Baru Lahir Di Rumah Bila Ibu Dengan Covid19

Referensi

• Zhu N, Zhang D, Wang W, Li X, Yang B, Song J, et al. A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonia in China, 2019. N Engl J Med. 2020 Feb 20. 382 (8):727-733.
  • Lu R, Zhao X, Li J, et al. Genomic characterisation and epidemiology of 2019 novel coronavirus: implications for virus origins and receptor binding. Lancet. 2020 Feb 22. 395 (10224):565-574.
  • Andersen KG, Rambaut A, Lipkin WI, Holmes EC, Garry RF. The proximal origin of SARS-CoV-2. Nat Med. 2020 Apr. 26 (4):450-452.
  • Wan Y, Shang J, Graham R, Baric RS, Li F. Receptor Recognition by the Novel Coronavirus from Wuhan: an Analysis Based on Decade-Long Structural Studies of SARS Coronavirus. J Virol. 2020 Mar 17. 94 (7):
  • Canna SW, Behrens EM. Making sense of the cytokine storm: a conceptual framework for understanding, diagnosing, and treating hemophagocytic syndromes. Pediatr Clin North Am. 2012 Apr. 59 (2):329-44.
  • Mehta P, McAuley DF, Brown M, Sanchez E, Tattersall RS, Manson JJ, et al. COVID-19: consider cytokine storm syndromes and immunosuppression. Lancet. 2020 Mar 28. 395 (10229):1033-1034. .