Tanda dan Gejala Covid19 Pada Anak

Tanda dan Gejala Covid19 Pada Anak

Pada akhir 2019, virus corona baru dimulai sebagai patogen yang muncul bagi manusia dan mengakibatkan pandemi. SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2), virus penyebab penyakit coronavirus 2019 (COVID-19), adalah virus RNA untai positif, mirip dengan virus corona lainnya. Di mana-mana di lingkungan, virus ini dapat menginfeksi beberapa jenis hewan, termasuk mamalia dan burung lainnya. Akar pandemi saat ini telah ditelusuri kembali ke pasar hewan hidup liar di pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, sebuah kota di provinsi Hubei, Cina. Dari sana, virus menyebar ke seluruh dunia, dengan kasus dilaporkan dari setiap benua kecuali Antartika.

Virus ini awalnya diisolasi dari lavage bronchoalveolar dari tiga pasien yang dirawat di rumah sakit di Wuhan. Ketiga pasien melaporkan paparan langsung ke pasar Makanan Laut Huanan. Virus tersebut menunjukkan 85% identitas yang sama dengan kelelawar mirip SARS-CoV (SARS-CoV), meningkatkan kemungkinan penularan dari hewan ke manusia.  Sejak itu, kasus tanpa paparan langsung ke pasar makanan laut telah diidentifikasi. Ini memvalidasi penularan dari manusia ke manusia yang sedang berlangsung, kemungkinan terjadi melalui tetesan pernapasan.

Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular mengevaluasi aerosol dan stabilitas permukaan SARS-CoV-2 dibandingkan dengan SARS-CoV. Aerosol virus dihasilkan menggunakan nebulizer tabrakan tiga jet dan dimasukkan ke dalam drum Goldberg untuk menciptakan lingkungan aerosol. Mereka melaporkan mendeteksi aerosol virus yang layak hingga 3 jam. Virus bertahan untuk waktu yang lama, hingga 72 jam, pada permukaan plastik dan baja tahan karat. Hal ini membuat transmisi virus yang dimediasi aerosol dan fomite masuk akal. Berdasarkan data dari Wuhan, China Center for Disease Control (China-CDC) melaporkan masa inkubasi selama 3-7 hari. Masa inkubasi rata-rata dilaporkan 5,2 hari, dan persentil 95% dari distribusi hingga 12,5 hari.

BACA  Cara dan Tips Memilih Pompa ASI

Meskipun dinamis, angka reproduksi dasar (R0 /R nol) adalah entitas epidemiologi yang membantu memprediksi jumlah kasus yang diharapkan dari paparan satu kasus, dengan asumsi semua individu dalam populasi tertentu rentan. R0 campak adalah 12-18, sejauh ini yang tertinggi yang diketahui manusia. R0 influenza musiman adalah sekitar 0,9-2,1. Berdasarkan data yang tersedia sejauh ini, R0 COVID-19 adalah 1,4-3,9. Virus corona baru telah mengumpulkan perhatian media yang tak tertandingi, sistem kesehatan yang kewalahan, dan menyebabkan penerapan jarak sosial dengan biaya gangguan ekonomi besar. Ulasan ini akan merangkum dampak paru dan manajemen COVID-19.

Gejala Klinis COVID-19

• Mirip dengan SARS-CoV, karakteristik klinis COVID-19 meliputi demam, batuk, dan gejala gastrointestinal. Gejala khas dari infeksi saluran pernapasan atas virus, termasuk batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan bahkan konjungtivitis, telah dilaporkan. Lebih lanjut, gejala gastrointestinal berupa mual, muntah, dan diare juga umum terjadi pada COVID-19. Laporan anekdot tentang anosmia (kehilangan penciuman) dan ageusia (kehilangan rasa) telah dijelaskan, meskipun kejadian gejala ini saat ini tidak diketahui. Lebih lanjut, laporan anekdot menggambarkan manifestasi kulit yang bervariasi, termasuk petechiae, ruam merah, urtikaria, perubahan warna merah keunguan seperti pernio pada jari tangan dan kaki (terutama pada orang yang lebih muda), dan vesikel mirip cacar air.
  • Berbagai macam telah dilaporkan untuk pasien dengan dispnea. Misalnya, dispnea dilaporkan pada 55% dari kohort awal dari Wuhan; namun, laporan berikutnya dari Wuhan menunjukkan dispnea pada 19% dari semua pasien yang dirawat di rumah sakit. Di Negara Bagian Washington, dispnea dilaporkan sebagai keluhan utama pada 88% pasien.
  • Ketika membandingkan kasus parah dengan kasus tidak parah, pasien dalam kelompok penyakit parah lebih tua dan lebih mungkin untuk memiliki kondisi komorbiditas.  Di Negara Bagian Washington, di mana kondisi medis kronis umum terjadi, 58% pasien menderita diabetes, 21% lainnya menderita penyakit ginjal kronis, dan 14% menderita asma.
  • ARDS adalah komplikasi yang ditakuti dari COVID-19. ARDS didefinisikan oleh kriteria Berlin dengan adanya kegagalan pernapasan hipoksia akut dengan infiltrat bilateral tanpa etiologi yang diketahui dengan adanya gangguan yang diketahui dalam 7 hari. Hipoksia dinilai pada pasien ini dengan menggunakan rasio PaO2/FiO2, yang merupakan rasio tekanan parsial oksigen arteri dibagi dengan fraksi oksigen yang diinspirasi. [17] Meskipun tidak termasuk dalam definisi, penurunan kepatuhan paru, dihitung sebagai volume tidal dibagi dengan tekanan dataran dikurangi tekanan akhir ekspirasi positif, adalah fitur yang menonjol. Namun, laporan awal dari Italia tampaknya menunjukkan bentuk ARDS yang tidak biasa pada pasien dengan COVID-19. Dalam laporan editorial 16 pasien dengan ARDS sekunder akibat COVID-19, kepatuhan paru-paru pernapasan adalah 50 ± 14,3 mL/H2O tetapi dengan hipoksia yang signifikan sebagaimana dibuktikan oleh fraksi shunt sebesar 0,50 ± 0,11.
BACA  Mekanisme Pertahanan Tubuh dan Sistem Imun Melawan Covid19