Obat Cacing Pilihan Utama untuk Anak

Beberapa obat yang berkhasiat untuk pengobatan ascariasis, antara lain fase usus tanpa gejala; hal ini meliputi pemberian obat cacing secara berkala pada anak-anak (bergejala dan tanpa gejala), pengurangan beban kesehatan masyarakat di komunitas tertentu, pengobatan selama fase paru (jarang), dan pengobatan komplikasi infeksi (beberapa tetapi tidak semua).

Obat pilihan di Amerika Serikat termasuk pirantel pamoat dan benzimidazol, albendazol dan mebendazol. Kemanjuran untuk albendazol, mebendazol, dan pirantel masing-masing adalah 88%, 95%, dan 88%. Untuk cacing tambang, STH yang umum menginfeksi, kemanjuran obat yang sama berturut-turut adalah 72%, 15%, dan 31%; Oleh karena itu, penggunaan albendazol lebih efektif bila dicurigai adanya koinfeksi ascaris dan cacing tambang.

Secara umum, obat antihelmintik tidak dianjurkan pada pasien dari daerah endemik (daerah dengan beban cacing besar) yang mengalami nyeri perut akut, dengan atau tanpa obstruksi usus parsial, karena risiko memicu obstruksi total. Komplikasi ini terutama dikaitkan dengan pirantel pamoat, yang menyebabkan kelumpuhan kejang (depolarisasi) cacing, meningkatkan potensi pembentukan bolus cacing; namun, komplikasi ini juga telah dilaporkan terkait dengan piperazin, mebendazol, dan albendazol. Dalam kasus dengan gejala perut akut, pengobatan konservatif adalah yang terbaik dan antihelmintik harus diberikan setelah gejala mereda (lihat Perawatan Medis).

Pada kehamilan, obat pilihan adalah pirantel pamoat. Direkomendasikan hanya dalam kasus simtomatik dan harus diberikan setelah gejala mereda sebagai respons terhadap terapi konservatif (lihat Perawatan Medis).

Dua obat alternatif lain dengan kemanjuran yang ditunjukkan dalam pengobatan ascariasis termasuk nitazoxanide, yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS pada Desember 2002 untuk pengobatan Giardia lamblia dan Cryptosporidium parvum pada pasien berusia 1-11 tahun, dan levamisole, yang disetujui FDA pada bulan Juni 1990 untuk digunakan dalam pengobatan kanker usus besar dan meskipun telah menunjukkan kemanjuran dalam pengobatan ascariasis setidaknya sejak awal 1980-an.

Albendazol memiliki keunggulan dosis pediatrik untuk individu yang lebih muda dari 2 tahun, tolerabilitas yang baik, dan kemanjuran dalam pengobatan ascariasis, infeksi cacing tambang, infeksi cacing kremi, strongyloidiasis, dan trikuriasis. Nitazoxanide memiliki kemanjuran yang serupa, tetapi dosis belum ditetapkan pada pasien yang lebih muda dari 1 tahun.

BACA  KRITERIA ATAU INDIKASI RAWAT DAN INDIKASI PULANG PENDERITA DBD

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 4 obat dalam program pengendalian STH (yaitu, ascariasis, infeksi cacing tambang, infeksi cacing kremi, strongyloidiasis, dan trikuriasis): albendazole, levamisole, mebendazole, dan pyrantel embonate. [22, 23] Keempatnya memiliki tingkat kesembuhan lebih dari 90% pada pasien dengan ascariasis. Albendazole memiliki tingkat kesembuhan 60-90% untuk infeksi cacing tambang, 20-90% untuk strongyloidiasis dan trikuriasis, dan lebih dari 90% untuk infeksi cacing kremi. Mebendazole agak kurang berkhasiat. Levamisol agak kurang efektif untuk infeksi cacing tambang (tingkat kesembuhan 20-90%) tetapi secara signifikan kurang efektif (tingkat kesembuhan 20-60%) untuk infeksi cacing kremi, strongyloidiasis, dan trikuriasis. Pyrantel embonate memiliki kemanjuran yang buruk (tingkat kesembuhan 0-20%) untuk strongyloidiasis dan trichuriasis.

Di negara berkembang, banyak pasien (50-92%) dengan gejala abdomen akut yang sesuai dengan obstruksi usus parsial dan/atau subakut dan kecurigaan tingkat tinggi untuk askariasis sebagai etiologi (5-35% dari semua obstruksi) merespon tindakan konservatif tanpa membutuhkan pembedahan atau berkembang menjadi sepsis (lihat Perawatan Medis).

Cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau disebut juga anthelmintic. Mebendazole, Albendazole, Levamisole, dan Pyrantel merupakan beberapa obat cacing untuk anak yang aman dikonsumsi Si Kecil.

Obat Cacing Pilihan Utama untuk Anak

Jalur biokimia parasit berbeda dari inang manusia; dengan demikian, toksisitas diarahkan ke parasit, telur, atau larva. Mekanisme aksi bervariasi dalam kelas obat.

• Mebendazol (Emverm)
    • Menyebabkan kematian cacing dengan memblokir pengambilan glukosa dan nutrisi lain secara selektif dan ireversibel di usus dewasa yang rentan di mana cacing tinggal. Menyebabkan imobilisasi lambat dan kematian organisme. Pemberian selama 3 hari mengurangi risiko pembentukan bolus cacing. Tersedia sebagai tablet kunyah 100 mg yang dapat ditelan utuh, dikunyah, atau dihancurkan dan dicampur dengan makanan.
    • Mebendazole. Obat cacing untuk anak yang satu ini digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing tambang. Mebendazole tidak dianjurkan diberikan pada anak usia di bawah dua tahun.
  • Albendazol (Albenza)
    • Agen antelmintik spektrum luas efektif melawan spesies Ascaris, cacing tambang, cacing pita, cacing hati, dan cacing kremi.
    • Obat cacing ini digunakan untuk mengobati infeksi cacing pita dengan membunuh parasit yang sensitif. Jangan gunakan albendazole jika anak memiliki alergi terhadap obat ini. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat tersebut untuk anak Anda.
    • Menurunkan produksi ATP pada cacing, menyebabkan penipisan energi, imobilisasi, dan akhirnya kematian.
  • Pyrantel pamoate (Antiminth, Pin-Rid, Pin-X)
    • Agen penghambat neuromuskular depolarisasi. Menghambat kolinesterase, mengakibatkan kelumpuhan kejang cacing. Kurang diserap dari saluran GI dan sebagian dimetabolisme di hati.
    • Pyrantel juga merupakan obat jenis antihelmintic atau anti-cacing. Obat ini mencegah cacing untuk tumbuh dan berkembang biak di dalam tubuh. Pirantel digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi dan cacing gelang. Sebelum memberikan pirantel pada Si Kecil, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Pirantel umumnya tidak boleh digunakan bagi penderita gangguan liver atau orang yang memiliki reaksi alergi terhadap obat ini. Pirantel tidak dianjurkan bagi ibu menyusui dan anak di bawah usia 2 tahun, kecuali dengan petunjuk dokter.
  • Piperazin sitrat (Vermizine)
    • Tidak lagi tersedia di Amerika Serikat. Menyebabkan kelumpuhan flaccid pada cacing dengan menghalangi respon cacing spesies Ascaris terhadap asetilkolin; dengan demikian, mengusir cacing dengan peristaltik usus normal. Mudah diserap dari saluran GI, sebagian terdegradasi in vivo, dan diekskresikan dalam urin. Menunjukkan indeks terapeutik yang luas. Dosis piperazine sitrat dinyatakan dalam piperazine hexahydrate. Misalnya, piperazine hexahydrate 250 mg = bentuk anhidrat dari piperazine citrate 275,75 mg. Larutan PO setara dengan 500 mg/5 mL piperazin heksahidrat. Dosis untuk larutan piperazin (butiran), susp, dan tab tidak dapat dipertukarkan.
  • Ivermectin (Stromectol)
    • Mengikat secara selektif dengan saluran ion klorida gerbang glutamat di sel saraf dan otot invertebrata, menyebabkan kematian sel. Waktu paruh adalah 16 jam; dimetabolisme di hati.
  • Levamisol (Ergamisol)
    • Anthelminthic yang satu ini digunakan untuk mengobati infeksi ascariasis dan infeksi cacing tambang campuran. Obat ini aman dikonsumsi baik dewasa ataupun anak-anak. Bagi ibu hamil, levamisole tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama trimester pertama.
    • Tidak tersedia di Amerika Serikat. L-isomer dari tetramisole, obat cacing yang ampuh. Telah menunjukkan berbagai aktivitas farmakologis, beberapa di antaranya termasuk modulasi sistem kekebalan tubuh. Mengembalikan fungsi kekebalan dan merangsang aktivasi dan proliferasi sel T, fungsi monosit dan kemotaksis neutrofil, adhesi, dan mobilitas.
  • Nitazoxanide (Alinia)
    • Memunculkan aktivitas antiprotozoa dengan mengganggu piruvat: reaksi transfer elektron yang bergantung pada enzim ferredoxin oxidoreductase (PFOR), yang penting untuk metabolisme energi anaerobik. Tersedia sebagai suspensi PO (20 mg/mL).
BACA  Perkembangan Emosional pada Anak-anak Prasekolah

Originally posted 2019-05-20 07:16:08.